PEMBERKASAN CALON PPG 2019

logo
04-10-2018 10:13:10

Meneruskan surat dari Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22063/B.B4/GT/2018 tanggal 25 September 2018 tentang Persiapan Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019, diminta kepada seluruh guru calon peserta PPG 2019 di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang telah mengikuti Pretest PPG di bulan Mei 2018 dan lulus seleksi akademik sesuai pengumuman di laman http://sergur.id untuk ikut dalam seleksi administrasi.

Seleksi Administrasi tersebut dilakukan melalui verifikasi dan validasi berkas persyaratan administrasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara. Sehubungan dengan hal itu, kami informasikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait verifikasi dan validasi berkas calon PPGDJ tahun 2019 sebagai berikut:

  1. Calon Peserta wajib mengumpulkan persyaratan administrasi ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mulai tanggal 2 s.d. 20 Oktober 2018, yaitu:
  • > Fotokopi ijazah S-1/D-IV yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.

Fotokopi ijazah tersebut dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan Ijazah atau Kopertis. Bagi guru yang memiliki ijazah S-1/D-IV dari luar negeri melampirkan surat penyetaraan dari Kemenristek Dikti.

  • > Fotokopi SK Pengangkatan pertama dan 2 tahun terakhir yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.

SK Pengangkatan tersebut dilegalisasi oleh:

  1. Kepala Dinas Pendidikan atau Kepala Cabang Dinas Pendidikan bagi Guru PNS dan Guru Bukan PNS di sekolah negeri.
  2. Ketua Yayasan bagi guru GTY.
  • > Fotokopi SK Mengajar atau Pembagian Tugas Mengajar 2 tahun terakhir sebanyak 2 lembar.
  • > Surat izin dari Kepala Sekolah atau Ketua Yayasan untuk menjadi peserta PPG 2019 sebanyak 2 lembar (asli + fotokopi);
  • > Surat keterangan Kesehatan Sehat dari dokter pemerintah sebanyak 2 lembar (asli + fotokopi);
  • > Surat keterangan bebas NAPZA dari BNN atau yang berwenang sebanyak 2 lembar (asli + fotokopi);
  • > Surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) dari Kepolisian sebanyak 2 lembar (asli + fotokopi);
  • > Surat pernyataan bahwa berkas/dokumen yang diserahkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya sebanyak 2 lembar (asli + fotokopi).
  1. Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara melakukan verifikasi dan validasi berkas tersebut melalui AP4G di http://sergur.id/ppg
  2. Calon peserta yang dinyatakan lolos verifikasi dan validasi berkas melakukan registrasi dan konfirmasi kesediaan secara online melalui laman http://sergur.id. Bagi yang tidak melakukan registrasi dan konfirmasi sesuai batas waktu maka dianggap tidak bersedia mengikuti PPG.
  3. Jadwal mulai dari persiapan sampai pelaksanaan PPG adalah sebagai berikut:

No

Uraian Kegiatan

Waktu

1

Ditjen GTK melakukan publikasi calon peserta

1 Oktober 2018

2

Calon peserta mengirimkan berkas ke Dinas Pendidikan

2 – 20 Oktober 2018

3

Verifikasi dan validasi berkas oleh Dinas Pendidikan serta pengiriman berkas ke LPMP

3 – 31 Oktober 2018

4

Verifikasi dan validasi akhir berkas oleh LPMP

15 Oktober –

16 November 2018

5

Ditjen GTK menempatkan peserta ke LPTK pelaksana (tahap 1)

19 – 30 November 2018

6

Guru yang ditetapkan mengikuti PPG tahap 1 melakukan registrasi dan konfirmasi kesediaan melalui laman http://sergur.id

3 – 8 Desember 2018

7

Ditjen GTK menetapkan dan mengumumkan peserta PPG Tahap 1

13 Desember 2018

8

LPMP mengirimkan berkas ke LPTK

15 Desember 2018

9

Pelaksanaan PPG

Januari 2019

 

Demikian disampaikan untuk segera ditindaklanjuti,.Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.