Pengumuman Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021/2022

  • 07-05-2021
  •  
  • 15:47:05 WIB
  • images

    Pengumuman Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

    Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2021/2022

     

    Assalamu’alaikum.ww.,

    Salam Bahagia dan Salam Sehat untuk Kita Semua

     

    Alhamdulillah, Puji Tuhan Yang Mahakuasa, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Berikut informasi awal tentang PPDB tahun ini, semoga bermanfaat.

     

    1. Persyaratan Calon Peserta Didik
    1. Jenjang SMA:
    1. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, kecuali Calon peserta didik baru penyandang disabilitas. Dibuktikan dengan:
      (a) Akta kelahiran, kecuali bagi Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, dan Sekolah yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, atau (b) Surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.
    2. telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP atau bentuk lain yang sederajat. Dibuktikan dengan: (a) Ijazah, atau (b) Dokumen lain yang menyatakan kelulusan, kecuali Calon peserta didik baru penyandang disabilitas.
    3. Surat rekomendasi izin belajar dari Direktur Jenderal yang membidangi pendidikan Menengah bagi calon peserta didik baru (baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing) yang berasal dari sekolah di luar negeri.

     

    1. Jenjang SMK
    1. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, kecuali Calon peserta didik baru penyandang disabilitas. Dibuktikan dengan:
      (a) Akta kelahiran, kecuali bagi Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, dan Sekolah yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, atau (b) Surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.
    2. telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP atau bentuk lain yang sederajat. Dibuktikan dengan: (a) Ijazah, atau (b) Dokumen lain yang menyatakan kelulusan, kecuali Calon peserta didik baru penyandang disabilitas.
    3. SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam  penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).
    4. Direktur Jenderal yang membidangi pendidikan vokasi bagi calon peserta didik baru (baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing) yang berasal dari sekolah di luar negeri

     

     

    1. Jenjang SLB dengan integrasi jenjang pendidikan dan kebutuhan khusus
    1. Pendaftaran PPDB bagi calon peserta didik TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB dilakukan secara luar jaringan (offline);
    2. Dokumen persyaratan yang harus dibawa pada saat pendaftaran adalah sebagai berikut:
    1. Akte kelahiran atau surat kenal lahir;
    2. Fotokopi ijazah untuk calon peserta didik yang akan mendaftar pada SMPLB dan SMALB;
    3. Fotokopi Kartu Keluarga;
    4. Pas foto hitam putih calon peserta didik ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar; dan
    5. Hasil asesmen awal dari tenaga ahli atau surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter/psikolog/terapis tentang kekhususan calon peserta didik (bila ada).

     

    1. Tanggal Pendaftaran dan Seleksi
    1. Pendaftaran dan Seleksi Jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau jalur prestasi pada tanggal 7-9 Juni 2021 (secara online).
    2. Pendaftaran dan Seleksi Jalur Zonasi pada tanggal 12-16 Juni 2021 (secara online).
    3. Khusus bagi SLB pelaksanaan PPDB dilaksanakan sejak 7 Juni s.d.9 Juli 2021 (secara offline).

     

    1. Jumlah daya tampung kelas X SMA dan SMK

    Daya tampung sekolah kelas X SMA dan SMK Negeri dapat dilihat pada sekolah masing-masing atau Cabang Dinas Pendidikan atau kunjungi website klik disini.

     

    1. Tanggal Penetapan Pengumuman hasil proses seleksi PPDB
    1. Pengumuman hasil seleksi Jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau jalur prestasi pada tanggal 11 Juni 2021 (secara online).
    2. Pengumuman hasil seleksi jalur zonasi tanggal 19 Juni 2021 (secara online).

     

    Bersama Kita Bisa Wujudkan Pendidikan Sumatera Utara yang Berkarakter, Cerdas, Kolaboratif, Berdaya saing dan Mandiri.

    Sumatera Utara Bermartabat

     “Tekun Berkarya, Hidup Sejahtera, dan Mulia Berbudaya”


    Peniadaan Mudik Lebaran 2021, Edy Rahmayadi Pastikan Petugas Bekerja 24 Jam di 73 Posko

  • 03-05-2021
  •  
  • 08:34:55 WIB
  • images

    MEDAN, 30/04/2021 - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bersama dengan Pemerintah Kabuapten/Kota dan Forkopimda menyusun skema peniadaan mudik Lebaran tahun 2021.

     

    Pada rapat Peniadaan Mudik Lebaran yang diselenggarakan Jumat (30/4) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41 tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memastikan petugas akan bekerja 24 jam dan peniadaan mudik Lebaran akan berjalan dengan baik.

     

    Ada 73 posko yang didirikan untuk penyekatan mudik di tahun ini, 10 posko untuk perbatasan antarprovinsi dan 63 posko untuk perbatasan antarkabupaten/kota. Posko-posko tersebut diisi oleh Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan. Petugas di posko-posko tersebut akan melakukan pengecekan pada Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) sebelum diperbolehkan melanjutkan perjalanan atau diperintahkan memutar balik.

     

     

    Untuk perbatasan Sumut dengan Aceh ada enam pos yang dibentuk, tiga di Langkat (Desa Halaban, Desa Air Hitam dan Kelurahan Sei Dendang), satu di Pakpak Bharat (Pakpak Bharat-Subussalam), satu di Karo (Desa Lau Baleng) dan satu di Tapteng (Jalan Madumas-Singkil). Sementara itu untuk perbatasan dengan Sumatera Barat ada dua pos yaitu di Muara Sipongi dan Penyabungan, dan dua pos untuk Perbatasan dengan Riau (Palas-Rokan Hulu) dan Torgamba di Labuhanbatu.

     

    “Petugas kita akan bekerja 24 jam di setiap posko, walau begitu tentu ada pengecualian yang diberikan seperti bekerja atau dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka, ibu hamil atau kepentingan persalinan. Tentu ini harus dibuktikan secara otentik untuk bisa melanjutkan perjalanan,” kata Edy Rahmayadi usai rapat Peniadaan Mudik Lebaran bersama FKPD dan Bupati/Walikota se-Sumut.

     

    Edy Rahmayadi juga meminta kepada Bupati/walikota se-Sumut untuk kembali mengaktifkan Satgas Penanganan Covid-19 untuk menegakkan protokol kesehatan. Selain itu, sesuai dengan hasil kesepakatan Salat Ied tidak berpusat di satu titik, tetapi menyebar di masjid-masjid, tidak ada pawai takbiran dan tidak diperbolehkan open house.

     

    “Masyarakat kita ini sudah mulai kendur kedisiplinan protokol kesehatannya, jadi aktifkan kembali Satgas, pantau orang beribadah dan pantau tempat-tempat yang ramai, semua harus sesuai prokes. Salat Id di masjid lingkungan masing-masing, tidak seperti sebelum-sebelumnya berkumpul di satu lapangan, atau satu masjid, menyebar ke semua masjid atau tempat salat Id. Pawai takbiran tidak ada begitu juga open house, kita harus tahan diri,” kata Edy Rahmayadi.

     

    Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino mengatakan sekarang peniadaan mudik memasuki periode pengetatan yang dimulai dari 22 April hingga 5 Mei 2021. Periode peniadaan mudik akan dilakukan mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, kemudian dilanjutkan kembali dengan masa pengetatan dari 18 Mei hingga 24 Mei.

     

    Kedua fase ini memiliki ketentuan-ketentuan masing-masing untuk pelaku perjalanan. Untuk masa pengetatan tidak diperlukan izin perjalanan, tetapi harus melengkapi dokumen kesehatan hasil tes negatif RT-PCR/Rapid Test Antigen maksimal 1X24 Jam atau test negatif genose C19 sebelum keberangkatan.

     

    Sedangkan saat masa peniadaan diharuskan memiliki izin perjalanan untuk yang bekerja, sedangkan untuk kunjungan keluarga sakit, meninggal atau kepentingan persalinan memiliki bukti yang kuat. Selain itu, pelaku perjalanan juga harus dilengkapi dokumen hasil test negatif RT-PCR masimal 3X24 Jam, untuk Rapid Test Antigen maksimal 2X24 Jam dan genose c19 sebelum keberangkatan.

     

    “Tanggal 6 (Mei) kami sudah akan melakukan operasi peniadaan mudik Lebaran, tetapi prediksi kami lonjakan lalulintas yang padat akan terjadi weekend sebelum lebaran, mungkin sekitar tanggal 9,10,11 April," jelasnya.

     

    Turut hadir secara langsung di Aula Tengku Rizal Nurdin,  Walikota Medan Bobby Nasution, Walikota Binjai Amir Hamzah, Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar, Kepala BPBD Provinsi Sumut Mahfullah Pratama Daulay serta Forkopimda Sumut. Selain itu, juga hadir secara virtual Walikota/Bupati se-Sumut beserta dengan OPD terkait. **(H15/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)


    Silahturahmi Gubernur Sumatera Utara dengan Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB Negeri

  • 29-04-2021
  •  
  • 16:03:07 WIB
  • images

    Medan 29/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D bersama dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Tim Gugus Covid -19 SUMUT dr. Inke dalam acara Silahturahmi Gubernur Sumatera Utara dengan Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB Negeri di Aula Tengku Rizal Nurdin.

    (r)


    Audensi Universitas Sumatera Utara

  • 29-04-2021
  •  
  • 15:58:31 WIB
  • images

    Medan 29/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Pro. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menerima Audensi dari Rektor Universitas Sumatera Utara beserta jajaran pemimpin lainnya di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

    (r)


    Audensi dengan PD Aneka Industri dan Jasa Sumatera Utara

  • 29-04-2021
  •  
  • 15:51:34 WIB
  • images

    Medan 23/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D menerima audensi dari PD Aneka Industri dan Jasa Provinsi Sumatera Utara di Ruang Kerja Kadisdiksu

    (r)


    Pembatasan Perjalanan Dalam Negeri

  • 28-04-2021
  •  
  • 10:40:21 WIB
  • images

    Kunungan dari Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

  • 21-04-2021
  •  
  • 08:06:48 WIB
  • images

    Medan 20/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D menerima kunjungan dari Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh di Ruang Kerja Kadisdiksu.

    (r)


    Peletakan Batu Pertama Aksi Bedah Rumah

  • 21-04-2021
  •  
  • 08:02:46 WIB
  • images

    Medan 19/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D melakukan Peletakan Batu Pertama Aksi Bedah Rumah yang bekerjasama dengan Program Keahlian Bisnis Konstruksi Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang dilakukan di Jl Sempurna Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.

    (r)


    Kunjungan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut

  • 16-04-2021
  •  
  • 09:59:40 WIB
  • images

    Medan 16/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D menerima Kunjungan dari Perwakilan dan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut di Ruang Rapat Kadisdiksu.

    (r)


    Rapat Kerja dengan Seluruh Cabang Dinas Pendidikan

  • 12-04-2021
  •  
  • 16:00:17 WIB
  • images

    Medan 12/04/2021 - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Prof. Drs. Syaifuddin, M.A, Ph.D melakukan rapat dengan Seluruh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di Ruang Rapat Kedisdiksu.

    (r)


    Agenda Dinas Terbaru
    Bidang
    • Sekretariat
    • Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas
    • Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
    • Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus
    • Bidang Pembinaan Ketenagaan
    • Cabang Dinas Medan Selatan
    • Cabang Dinas Medan Utara
    • Cabang Dinas Stabat
    • Cabang Dinas Lubukpakam
    • Cabang Dinas Sunggal
    • Cabang Dinas Sei Rampah
    • Cabang Dinas Kabanjahe
    • Cabang Dinas Kisaran
    • Cabang Dinas Tanjung Balai
    • Cabang Dinas Rantauprapat
    • Cabang Dinas Siantar
    • Cabang Dinas Balige
    • Cabang Dinas Humbahas
    • Cabang Dinas Sibolga
    • Cabang Dinas Padangsidimpuan
    • Cabang Dinas Gunungtua
    • Cabang Dinas Gunungsitoli
    • Cabang Dinas Telukdalam
    • Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
    Pengunjung
    2 Pengunjung Online
    17 Pengunjung Hari ini
    17002 Total Pengunjung