Launching PPDB 2024, Pj Gubsu: Tindak Tegas Kecurangan
Dinas Pendidikan | 13 Mei 2024 | Dibaca 168 kali |

Medan, Media Disdik Provsu: Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin membuka secara langsung Launching Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Provinsi Sumatera Utara didampingi Unsur Forkopimda beserta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kantor Pj Gubsu, Senin (13/05/2024).

Hassanudin menekankan agar para calon peserta didik tidak memaksakan diri untuk diterima di sekolah negeri jika tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Pernyataan ini disampaikan terkait dengan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK yang berlangsung secara online.

Hassanudin mengakui tingginya animo masyarakat untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah negeri, namun ia mengingatkan bahwa daya tampung sekolah negeri sangat terbatas. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat juga mempertimbangkan sekolah-sekolah swasta yang siap menerima peserta didik baru dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang kompetitif.

"Saya mengerti bahwa banyak orang tua yang ingin anak-anak mereka bersekolah di sekolah negeri. Namun, kita harus realistis dengan kapasitas yang ada. Jika persyaratan tidak terpenuhi, lebih baik mendaftar ke sekolah swasta yang juga memiliki standar pendidikan yang baik," ujar Hassanudin.

Lebih lanjut, Hassanudin meminta kepada panitia PPDB untuk menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, agar proses seleksi berjalan dengan transparan dan adil. Ia juga menegaskan pentingnya integritas dalam pelaksanaan PPDB agar tidak menimbulkan kekecewaan di kalangan masyarakat.

"Dalam pelaksanaan PPDB ini, saya minta panitia bertindak tegas dan jujur sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai ada kecurangan yang merugikan salah satu pihak," tambahnya.

Pelaksanaan PPDB online ini diharapkan dapat mempermudah proses pendaftaran serta mengurangi potensi kerumunan yang dapat terjadi jika dilakukan secara offline. Hassanudin juga mengajak masyarakat untuk mengikuti setiap tahapan PPDB dengan seksama dan memastikan semua persyaratan telah dipenuhi sebelum mendaftar.

Dengan langkah ini, diharapkan proses PPDB dapat berjalan lancar dan seluruh calon peserta didik mendapatkan kesempatan yang adil untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih. (Why)

BAGIKAN :